ANEKA JUICE BUAH SEGAR

Jln. SD 3 Pondok Pinang. Jakarta Selatan

SELAMAT DATANG DI DUNIA SEHAT

banyak manfaat yang anda dapatkan dari mengkonsumsi buah buahan

Manfaat berbagai macam buah buahan

Jambu biji merah
Manfaat jambu biji / jambu klutuk / guava.
 
Hampir semua buah jambu merah yang berwarna cerah kaya likopen. Meski tampak berwarna kekuningan pada bagian luar buah jambu biji lokal merah, namun bagian daging buahnya sangat merah. 
Seperti halnya tomat, daging buah jambu biji lokal yang berwarna merah juga kaya akan likopen. Likopen dalam jambu biji lokal merah mempunyai banyak manfaat karena bersifat antioksidan dan menyuburkan sistem reproduksi pria. 
Oleh karena itu, konsumsi jus jambu biji merah secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan pada pria. jambu klutuk merah.
 
selain di atas buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh. Daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Disamping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler: mencegah anemia gizi, sariawan, gusi yang bengkak dan berdarah (penyakit skorbut); serta mencegah tanggalnya gigi. Vitamin C dosis tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai inf├Ęksi. Dengan demikian, kita tidak mudah menjadi sakit, seperti flu, batuk, demam, dan lain-lain.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi nitrosamin, suatu zat pemicu kanker. Vitamin C juga berperan untuk pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka. Ketersediaan vitamin C, yang cukup dalam darah dapat mendorong ke selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, empedu, dan otak.

oleh Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi.


 Buah Sirsak
Sirsak/Anona muricata Linn
Sirsak (Anona muricata Linn) berasal dari Amerika Selatan. Tanaman sirsak dalam sistematika tumbuhan (taksonomi) diklasifikasikan sebagai berikut :
Kingdom          :   Plantae
Divisio              :   Spermatophyta
Sub Divisio       :   Angiospermae
Class                :   Dicotyledonae
Ordo                :   Polycarpiceae
Famili               :   Annonaceae
Genus              :   Annona
Species            :   Anona muricata Linn

Saat ini di Indonesia dikenal dua kultivar sirsak yang berbeda rasanya, yaitu sirsak yang rasanya manis asam dan banyak bijinya, jenis ini tersebar luas dalam jumlah besar. Kedua adalah sirsak yang rasanya manis, lengket di lidah dan bijinya sedikit, jenis ini  dikenal dengan sebutan sirsak ratu karena ditemukan di Pelabuhan ratu dan baru dikembangkan dalam jumlah kecil di daerah Sukabumi dan sekitarnya. Buah sirsak termasuk buah semu, daging buah lunak atau lembek, berwarna putih, berserat, berbiji hitam pipih. Kulitnya berduri, tangkai buah menguning, aromanya harum, dan rasanya manis agak asam.

Buah sirsak yang normal dan sudah cukup tua / matang mempunyai berat ± 500 gr, warna kulit agak terang, hijau agak kekuningan dan mengkilap. Bentuk buah bagian ujung agak membulat dengan diameter ± 5 cm, diameter bagian tengah ± 7 cm, serta panjang buah ± 17 cm. Kerapatan duri maksimal 2- 3 buah per 4 cm (diukur pada bagian buah  yang durinya paling jarang), kekerasan daging buah empuk merata, rasa manis atau manis asam segar dan beraroma khas

Kandungan Zat Gizi dan serat pangan buah SIRSAK / 100 gram BDD dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

Tabel  Kandungan Zat Gizi dan serat pangan buah SIRSAK / 100 gram BDD
Kandungan  
Jumlah  
Kandungan  
Jumlah

Energi  
65,00 kal  
Besi  
0,60 mg

Protein  
1,00 gr  
Vitamin A  
1,00 RE

Lemak  
0,30 gr  
Vitamin B1  
0,07 mg

Karbohidrat  
16,30 gr  
Vitamin B2  
0,04 mg

Kalsium  
14,00 mg  
Vitamin C  
20,00 mg

Fosfor  
27,00 mg  
Niacin  
0,70 mg

Serat  
2,00 gr  
   
 Berbagai manfaat sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat dan meningkatkan nafsu makan. Dengan mengkonsumsi buah sirsak dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (sebagai obat agar awet muda). Selain itu, kandungan seratnya juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit. Sari buah sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan rangsangan nafsu makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit kandung air seni dan wasir (ambeien).

Daun sirsak juga sering digunakan sebagai bahan obat tradisional, antara lain untuk pengobatan sakit pinggang. Caranya : 20 lembar daun sirsak direbus dalam 5 gelas air. Didihkan hingga airnya tinggal 3 gelas. Setelah cukup dingin, diminum 1 kali sehari sebanyak ¾ gelas. Sedangkan daun yang masih  muda dapat dipakai untuk  mengobati bisul. Caranya : siapkan daun sirsak muda secukupnya, kemudian tumbuk halus dan tambah air sedikit sambil diaduk merata. Tempelkan bahan tersebut pada bisul.



TROPICAL EXOTIC JUICE Bahan :         250 gr SIRSAK
                    100 gr nenas
                    100 gr pepaya
                       2 sendok makan air jeruk nipis
                       2 sendok makan  madu
                  100 cc air dingin atau es

 Cara membuat :

a.      Sirsak dan air dibuat juice, diberi madu dan air jeruk nipis.
b.      Nenas dan pepaya dipotong-potong berbentuk dadu kecil.
c.      Campurkan potongan nenas dan pepaya dengan juice sirsak.

Sumber :    Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc., 1995. Buah dan Sayur untuk Terapi. Penebar Swadaya, Jakarta


 Buah Belimbing














Belimbing/Averrhoa Carambola L
Hampir dipastikan bahwa semua orang mengenal buah belimbing. Belimbing dibedakan atas dua macam yaitu Belimbing Manis (Averrhoa Carambola L.) dan Belimbing Asam/Wuluh (Averhoa bilimbi L.). Banyak ahli sepakat bahwa tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dan Malaysia. Sewaktu muda buahnya berwarna hijau muda dan berubah kuning sampai kemerahan setelah tua. Orang Barat menyebutnya sebagai star fruit, karena bila diiris melintang bentuknya mirip sepeerti bintang.

Jenis Belimbing Manis yang diunggulkan ciri-cirinya adalah bentuknya besar, warnanya menarik, seratnya halus, berair banyak, dan rasanya manis segar. Buah Belimbing Manis sangat lezat jika dimakan dalam keadaan segar, tetapi juga nikmat untuk dikonsumsi dalam bentuk juice maupun produk olahan lainnya.
Kandungan gizi dalam 100 gram buah Belimbing Manis adalah sebagai berikut : Kandungan Gizi/100 gr buah

Jumlah :
Energi 35,00 Kal.
Protein 0,50 gr
Lemak 0,70 gr
Karbohidrat 7,70 gr
Kalsium 8,00 mg
Fosfor 22,00 mg
Serat 0,90 gr
Besi 0,80 mg
Vitamin A 18,00 RE
Vitamin B1 0,03 mg
Vitamin B2 0,02 mg
Vitamin C 33,00 mg
Niacin 0,40 gr

- belimbing mengandung vitamin C dan provitamin A.
- belimbing dapat membantu memperlancar pencernaan makanan.
- belimbing mempunyai kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. menurunkan tekanan darah.
b. menurunkan kadar / tingkat kolesterol dalam tubuh.



Strawberry

Buah Strawberry
 Strawberry mengandung provitamin A, vitamin B1, B dan C.
- stobery mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas.
- strawbery memiliki kegunaan / fungsi kesehatan lain seperti :
a. mengobati gangguan kesehatan pada kandung kemih.
b. menjadi anti virus
c. menjadi anti kanker

MASKER ALAMI UNTUK KECANTIKAN
Buah merah nan manis ini tak hanya lezat bila digunakan sebagai pemanis kue atau minuman yang menyegarkan . Buah yang satu ini ternyata bisa digunakan sebagai salah satu bahan masker alami bagi kecantikan. Buah ini mempunyai konsentrasi tujuh zat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain , sehingga strawberry merupakan buah yang efektif untuk mencegah proses oksidasi pada tubuh.

Oksidasi sendiri adalah hancurnya jaringan tubuh karena pengaruh radikal bebas seperti asap kendaraan , rokok maupun polusi. Oksidasi sendiri juga berpengaruh besar pada proses penuaan pada kulit. Selain itu, buah satu ini memang banyak mengandung asam salisilat ( salah satu jenis asam beta -hidroksi yang membantu mengencangkan kulit ) , silica, serta vitamin B , C, E dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit, strwaberry cocok digunakan untuk hampir semua jenis kulit .

Jadi tak ada salahnya mencoba Masker Strawberry. Caranya :

1. Lumatkan beberapa buah strawberry yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya.

2. Lalu usapkan dua sendok makan strawberry yang sudah dilumatkan tadi pada wajah.

3. Biarkan selama 15 menit.

4. Setelah itu bilaslah dengan air steril atau air hangat biasa.

Tips :Untuk mendapat efek yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur kocok, satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak. Penggunaan masker strawberry ini dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu.

Sumber : InfoKulit.com